Emprak, Kesenian Rakyat Asli Rembang yang Terpinggirkan

BERITA REMBANG

Kesenian Emprak cukup populer di sekitar Desa Kuangsan, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Kendati umurnya sudah cukup tua, kesenian ini sampai sekarang masih dianggap sebagai kesenian lokal yang tidak begitu populer di masyarakat luas.

KESENIAN Emprak di Kabupaten Rembang sesungguhnya sudah mulai dikenal sekitar 1925-an. Tidak diketahui dengan persis tahun berapa kesenian Emprak mulai ada di Kabupaten Rembang.

Menurut cerita masyarakat yang menggeluti kesenian ini, Emprak Kabupaten Rembang berbeda dengan jenis kesenian Emprak yang ada di daerah lain. Dan kesenian jenis ini, dipercaya hanya ada di Desa Kuangsan, Kecamatan Kaliori. Dari cerita awalnya Emprak dibawa oleh tokoh masyarakat setempat yang bernama Sahid alias Pak Kijo warga Banyudono Rembang.

Di Rembang, perkembangan serta popularitas kesenian Emprak memang tidak terlalu baik seperti perkembangan kesenian tradisi lain. Hal itu dituturkan Saliman, kepala Desa Kuangsan yang juga penanggung jawab Kesenian Emprak di desanya. Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat kesenian Emprak tidak bisa berkembang dengan…

Lihat pos aslinya 245 kata lagi

Iklan

Tentang gilangsuryas

ndang nuliso sak urunge nulis iku dilarang!
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s